Senin, 16 Maret 2009

HIDUP BERPRESTASI


Daniel 1:1-9.

Daniel dan ketiga temannya yakni, Sadrakh, Mesakh dan Abednego adalah sosok yang berprestasi, meskipun tidak di dukung oleh kondisi dan situasi. Dengan prestasi kehidupan yang dihasilkannya, nama Tuhan dipermuliakan dan orang-orang yang tidak percaya mengakui kehebatan Tuhan. Apa saja teladan Daniel dan kawan-kawan bagi kita untuk hidup berprestasi?


PERTAMA, MAU DI DIDIK DAN DIAJAR (1:5).

Prestasi tidak muncul dengan sendirinya, tetapi merupakan sesuatu yang harus diusahakan. Untuk memiliki prestasi, Daniel dkk harus di didik selama 3 tahun dan kemudian bekerja pada raja. Hukum ini berlaku juga bagi kita sekarang. Jika kita ingin membuahkan prestasi, kita harus mau belajar dan terbuka dengan hal-hal yang baru. Prestasi apakah yang pernah Anda lakukan dan menjadi berkat bagi orang lain? Tanpa bermaksud menyombongkannya, ceritakanlah di dalam kelompok !


KEDUA, TIDAK MENGORBANKAN IMAN (1:8-9).

Banyak orang berprestasi karena “kekuatan” yang di dapat di luar Tuhan. Mereka menggunakan jasa orang-orang pintar, berharap pada kekuatan magis, dll. Tetapi orang yang demikian adalah orang yang terkutuk di hadapan Tuhan. Tuhan mau agar kita berketetapan untuk tidak menajiskan diri dengan hal-hal di luar diriNya. Justru karena Daniel dkk menjaga kekudusan, Tuhan memberkati mereka (lihat ayat 17 dan 20). Konsekwensi apa yang akan kita tanggung, jika tidak mengandalkan Tuhan dalam hidup kita? Ceritakan pengalaman Anda dalam hal ini.


KETIGA, MEMILIKI KEHIDUPAN DOA (6:11).

Prestasi Daniel adalah hal yang di dapat juga melalui kehidupan doa. Anak muda ini memiliki kehidupan doa yang teratur dalam kesehariannya. Ia tahu memprioritaskan hubungan pribadi dengan Tuhan sebagai sumber kekuatan. Hal ini jugalah yang membuatnya memiliki roh yang luar biasa disbanding dengan orang-orang lain. Bagaimana dengan kehidupan doa Anda? Apa yang Anda rasakan berkaitan dengan prestasi hidup Anda?


S4 - SASARAN DAN RENCANA.

Milikilah sikap yang mau terus belajar, senantiasa mengandalkan Tuhan dalam doa dan tidak menjual iman kita demi prestasi.


Untuk kembali ke Website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :

gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACK di kiri atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar