Kamis, 30 April 2009

RAHASIA MERAIH SUKSES


Yosua 14:6-15.


Sukses menjadi dambaan setiap orang. Atlit berlatih keras karena ingin sukses meraih kemenangan. Pelajar bertekun di dalam belajarnya, karena ingin lulus dalam ujian. Seorang petani sabar menunggu benih yang ditanamnya dan berharap sukses melakukan panen. Demikian juga dengan orang percaya yang merindukan hidup berhasil dan meraih sukses. Kaleb menjadi teladan yang baik untuk ‘sampai ke tanah perjanjian’. Apa rahasianya ?


PERTAMA, BERIMAN KEPADA ALLAH.

Kaleb menyatakan ‘kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya”. (Bil. 13:30). Ini adalah sebuah bentuk keyakinan atas penyertaan dan janji Tuhan yang sudah menuntun mereka keluar dari Mesir menuju Kanaan. Iman Kaleb menyatakan bahwa apa yang sudah Tuhan janjikan pasti digenapi, meskipun ada tantangan yang besar (Bil. 14:8). Apakah yang Anda lakukan jika ada masalah besar yang merintangi Anda untuk meraih janji Tuhan?


KEDUA, MEMILIKI INTEGRITAS.

Ketika Kaleb pulang dari Kanaan untuk menjadi pengintai, “ia pulang dengan membawa kabar yang sejujur-jujurnya” (Yos. 14:7b). Jauh sebelum Tuhan Yesus mengatakan, “Jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak”. Kaleb sudah melakukan prinsip ini. Dia menambah dan mengurangi apapun dari informasi yang seharusnya dia berikan. Ini adalah gambaran bahwa ia orang jujur dan berintegritas tinggi. Menurut Anda, apakah integritas / kejujuran berhubungan dengan kesuksesan? Diskusikanlah !


KETIGA, KONSISTEN (SETIA).

Semua orang sepakat, bahwa kesetiaan (konsistensi) akan mendahului keberhasilan. Ada banyak orang gugur di tengah jalan karena tidak setia. Akhirnya keberhasilan tak diraih. Kaleb menegaskan, “Kini sudah menjadi empat puluh lima tahun lamanya... “ (Yos. 14:10b). Empat puluh lima (45) tahun adalah jangka waktu yang cukup untuk membuktikan konsistensi bagi Kaleb. Ia tidak berubah setia. Halangan apa yang membuat Anda paling sulit menjaga kesetiaan / konsistensi?


S4 – SASARAN DAN RENCANA

Berdoalah di dalam kelompok untuk sukses hidup yang belum tercapai. Milikilah komitmen untuk mencapainya dengan meneladani Kaleb.



Untuk kembali ke Website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :

gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACK di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar