Kamis, 12 Maret 2009

MERENUNGKAN DAN MEMBAGIKAN FIRMAN


2 TIMOTIUS 2:2

Banyak orang Kristen merasa ‘keberatan’ jika mendengar tentang membagikan firman Tuhan. Asumsinya kemudian selalu tertuju kepada berkhotbah atau menyampaikan renungan. Atau berarti juga memberitakan Injil dengan harus menjabarkan point-point yang rumit. Bagaimana agar kita bisa membagikan firman Tuhan?


1. KITA TERLEBIH DAHULU HARUS DIPENUHI FIRMAN ALLAH (Mazmur 119:9-16)

Kita hanya bisa memberikan kepada orang lain apa yang kita miliki. Yang tidak kita miliki, tidak mungkin kita berikan. Untuk menjadi orang-orang yang membagikan firman Tuhan, terlebih dahulu firman itu harus memenuhi hidup kita. Sebelum pemazmur menceritakan firman dengan bibirnya (Maz 119:13), ia harus menyimpan janji Allah dalam hatinya. Hal apakah yang paling banyak mengisi kehidupan Anda? Firman Tuhan atau hal-hal yang lain?


2. MEMBAGIKANNYA KEPADA ORANG-ORANG YANG TEPAT (Matius 7:6)

Tuhan Yesus mengibaratkan firman sebagai mutiara (benda yang amat berharga). Tidak bijaksana jika memberikan mutiara itu kepada anjing/babi. Sebelum kita membagikan firman Tuhan, kita harus meneliti ulang siapa sasaran kita. Apakah dia memang betul-betul orang yang membutuhkan? Paulus memberi prinsip agar kita mempercayakan sesuatu kepada orang yang tepat (bdk 2 Tim 2:2), bukan kepada sembarangan orang. Menurut Anda, apakah yang akan terjadi jika firman Tuhan yang kita bagikan salah sasaran?


3. MENANTI HASIL DENGAN PERCAYA (Roma 9:6, Yesaya 55:10-11)

Tuhan menjamin bahwa perkataanNya tidak pernah gagal. Firman itu akan mengerjakan sesuatu di dalam kehidupan seseorang sesuai dengan yang dikehendaki Tuhan. Kita sedang menabur sesuatu dan akan menuai juga pada masanya. Karena itu berdoalah terus agar firman itu bekerja bagi orang-orang yang kepadanya kita berbagi. Ceritakanlah di dalam kelompok, pengalaman Anda membagikan firman Tuhan dan kemudian Anda menuai hasilnya!


S4 – SASARAN DAN KOMITMEN

Siapkan handphone Anda untuk berbagi firman melalui SMS. Pilihlah orang-orang yang tepat dan berdoalah agar firmanNya bekerja.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar