Kamis, 12 Maret 2009

PEMBENTUKAN KARAKTER LEWAT KOMSEL


Kisah Para Rasul 2:41-47

Seperti juga keluarga, kelompok sel merupakan tempat terbaik untuk pertumbuhan rohani, khususnya pembentukkan karakter. Hal apa sajakah yang akan terjadi jika kita aktif terlibat dalam sebah komunitas?

KOMSEL ADALAH TEMPAT UNTUK PEMBENTUKKAN KARAKTER:

1. Saling Mempertajam (Amsal 27:17)

Setiap hubungan antar manusia pasti beresiko adanya gesekan, demikian juga dalam komsel. Dengan banyaknya perbedaaan diantara anggota, pasti ada kemungkinan terjadi ketidak cocokan, konflik, tersinggung, kecewa dan sakit hati. Jika kita tidak dewasa dalam menanggapinya, maka akan timbul gap antar anggota atau berujung pada keluarnya salah seorang anggota sel. Tetapi jika kita bijak, kita akan menilai bahwa semua gesekan ini dapat mengasah kita agar karakter kita semakin sempurna.

Allah ingin agar kita menjadi pelaku Firman. Dalam kondisi apakah (di dalam komsel) Anda bisa melakukan Firman Tuhan ini (Mark 12:31, Kol 3:13, Luk 6:27)?

2. Saling membangun (1 Tes 5:11 )

Kelompok sel yang hidup adalah kelompok sel yang anggotanya dapat saling membangun. Sehingga mereka merasa dikuatkan dan dibangkitkan setiap kali mengalami tekanan dan masalah. Dengan kasih kita dapat saling menasehati, menguatkan, menegor, mendoakan dan menyampaikan Firman yang sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi (2 Tim 4:1-2). Tujuannya bukan untuk menghakimi tetapi untuk membangun. Ceritakan pengalaman Anda ketika merasa dikuatkan oleh saudara seiman pada saat mengalami suatu masalah yang berat!

3. Pemuridan / Mentoring

Komsel juga merupakan tempat terbaik untuk pemuridan/mentoring. Yang dimaksud dengan pemuridan bukan cuma dalam hal pengetahuan Firman. Melainkan impartasi lewat teladan hidup. Inilah yang selalu dilakukan oleh Paulus, sehingga ia berhasil mencetak murid-murid yang berkualitas luar biasa (1 Kor 4:16; 2 Tim 3:10). Percuma jika kita memiliki banyak pengetahuan tentang Firman tetapi karakter kita tetap kerdil/kekanak-kanakan. Saksikan kemajuan kerohanian yang Anda peroleh setelah mengikuti komsel!

S4 – Sasaran dan Rencana (10 menit)

Bisakah hal-hal tersebut dilakukan dalam komsel Anda? Diskusikanlah.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar