Kamis, 12 Maret 2009

DOA YANG BERKUASA


YAKOBUS 5:16-18

Ada banyak orang Kristen menganggap doa sebagai sebuah kegiatan yang tidak terlalu berarti, sehingga doa seringkali diabaikan dalam hidupnya. Padahal dalam Alkitab kita mendapati betapa dahsyatnya kuasa doa. Salah satu nabi yang bisa kita sebut sebagai pendoa yang luar biasa adalah Elia. Ia adalah seorang manusia biasa, tetapi sanggup menggerakkan kuasa Allah yang luar biasa. Mari kita pelajari rahasia dari doa yang berkuasa ini:

1. SALING MENGAKU DOSA DAN MENDOAKAN (ayat 16a)

Bila kita ingin memiliki doa yang berkuasa, maka hidup kita harus selalu bersih di hadapan Allah dan manusia. Daud mengerti benar akan hal ini, sehingga dia selalu mengakui dosanya di hadapan Allah (Maz 32:5), bahkan di hadapan manusia (Pengakuan dosa - Maz 51:1-2). Tujuan pengakuan ini bukanlah untuk menggembar-gemborkan dosa, melainkan keluar dari hati yang tulus untuk bertobat dari segala dosa dan meninggalkannya. Orang yang saling mengaku dosa akan memiliki hati nurani yang bersih sehingga doanya tidak terhalang. Pernahkah Anda saling mengaku dosa? Apa yang menyebabkan kita sulit untuk melakukannya?

2. HIDUP DALAM KEBENARAN (ayat 16b)

Orang benar adalah orang yang sudah dibenarkan oleh Allah (lahir baru), dan setelah itu ia hidup dalam jalan kebenaran (Firman Tuhan). Bila kita hidup dalam kebenaran maka Allah berkenan kepada kita, sehingga ia menjawab doa-doa kita (Maz 34:16). Siapakah yang lebih mudah mendapat pemberian (jika anak meminta sesuatu) dari seorang ayah, anak yang taat atau anak yang memberontak? Mengapa?

3. YAKIN DAN BERSUNGGUH-SUNGGUH DALAM DOA (ayat 16b dan 17)

Doa bukanlah suatu hal yang sepele, doa adalah hubungan yang serius dan mendalam dengan Tuhan. Selain bersungguh-sungguh dibutuhkan keyakinan yang penuh. Yang dimaksud dengan yakin adalah percaya sepenuhnya, tanpa keraguan sedikitpun. Tanpa keyakinan, doa kita menjadi hampa tanpa kuasa (Yak 1:6-7). Komitmen apa yang Anda buat agar memiliki doa yang berkuasa?

S4 – SASARAN DAN RENCANA

Yakini bahwa doa kita sangat berkuasa dan mulailah doakan setiap pergumulan sesuai dengan langkah-langkah di atas, sampai mujizat terjadi dalam hidup Anda.


Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar