Senin, 16 Maret 2009

DOA YANG MENGUBAH BANGSA


Nehemia 1:1-11.

Sejak zaman Perjanjian Lama, Alkitab memberi petunjuk tentang bagaimana sikap dan tindakan orang percaya terhadap bangsanya. Kisah Nehemia memberikan penjelasan kepada kita, bahwa ia adalah sosok yang sangat mencintai bangsanya, apalagi ketika sedang mengalami kehancuran. Apa saja yang dilakukan Nehemia untuk kemudian bias Anda teladani?


PERTAMA, Memiliki Sikap Proaktif (1-2).

Nehemia tidak duduk diam dan menunggu, sebaliknya ia aktif menanyakan tentang orang-orang Yahudi yang terluput dan terhindar dari penawaran. Karena solidaritasnya yang tinggi terhadap bangsanya, ia melakukan hal itu. Dari hal ini kita bisa meneladaninya untuk memiliki sikap yang tanggap terhadap situasi dan kondisi. Mungkin ada orang-orang di sekitar kita yang memerlukan pertolongan. Sebagai anak Tuhan kita harus memulainya. Apakah contoh nyata yang bisa ditunjukkan orang percaya untuk peduli terhadap bangsanya?


KEDUA, MENJADI JURU SYAFAAT BAGI BANGSANYA (1:4-7).

Demi mendengar kota dan bangsanya hancur, Nehemia tidak berpangku tangan. Ia menangis, berkabung, berdoa puasa dan mengakui dosa dihadapan Allah. Ia tidak larut dalam kesedihan dan kekecewaan banyak orang sebangsanya, tetapi ia mengambil sebuah sikap yang tepat : menyerahkan semua pergumulan ini kepada Allah. Menurut yang Anda alami selama ini, seberapa berdampakkah doa-doa yang kita naikkan bagi bangsa kita?


KETIGA, MEMILIKI TEKAD UNTUK MEMBANGUN KEMBALI (2:17).

Prinsip “ora et labora” ternyata sudah dihidupi Nehemia. Ia tidak hanya berhenti sesudah berdoa, tetapi ia menyatakan, “Mari kita bangun kembali tembok Yerusalem..” Sesudah itu ia mengerahkan semua potensi diri dan bangsanya untuk kembali membangun. Dan hasilnya, tembok kota itu kembali berdiri. Hal konkrit (meskipun kecil) apakah yang bisa kita lakukan untuk berbuat sesuatu, agar kota dan bangsa kita berubah?


S4 - SASARAN DAN RENCANA

Rencanakanlah sebuah aksi nyata di dalam komsel Anda untuk memberkati lingkungan sekitar. Doakanlah agar apa yang Anda dan kelompok Anda lakukan menjadi dampak yang besar bagi lingkungan.


Untuk kembali ke Website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :

gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACK di kiri atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar