Kamis, 12 Maret 2009

MENGALAHKAN KEDAGINGAN


Galatia 5:19-21

Sepanjang zaman iblis telah menggunakan nafsu kedagingan untuk menjerat manusia. Bahkan orang-orang yang diurapi seperti Simson, Daud dan Salomo-pun dicobai agar terjatuh. Saat ini iblis bekerja dengan lebih dasyat dan lebih terbuka dibandingkan dengan waktu-waktu yang lampau. Tujuannya adalah supaya semua orang binasa (Yoh. 10:10a). Karena itu kita harus berjuang untuk mengalahkan kedagingan,

Bagaimana caranya agar kita bisa mengalahkan kedagingan?

MENGALAHKAN KEDAGINGAN:

1. Menjauhkan diri dari segala godaan

Tidak ada seorangpun kebal terhadap godaan. Tokoh-tokoh Alkitab seperti Simson, Daud dan Salomopun dapat jatuh dalam dosa. Yusuf-pun mengalami godaan, tetapi ia berhasil melawannya dengan cara melarikan diri (Kej. 39:11-12). Karena itu cara terbaik untuk melawan godaan, bukanlah dengan menantangnya, melainkan dengan melarikan diri (menjauhkan diri) darinya. Hindarkanlah diri anda dari pergaulan-pergaulan yang buruk, lingkungan dan hal-hal yang dapat mendatangkan pencobaan. Berikan contoh hal-hal apa saja yang dapat mendatangkan pencobaan?

2. Percaya akan kuasa Salib Kristus

Kita harus percaya bahwa dosa sudah ditaklukkan melalui Salib Kristus. Dan bahwa sifat kedagingan kita sudah disalibkan bersamaNya (Roma 6:6). Kuasa dosa hanya dapat dikalahkan oleh pengorbanan Kristus di kayu Salib, tidak ada satu orangpun di dunia ini yang sanggup untuk melawannya. Jadi kita harus benar-benar meyakini dan menghayatinya agar kuasa salib itu mengalir dalam kehidupan kita. Renungkanlah pengorbanan Kristus di kayu salib dan berdoalah pada saat keinginan daging menyerang.

3. Menyalibkan daging / Menyangkal diri

Arti dari menyalibkan daging/menyangkal diri adalah: menolak keinginan-keinginan daging yang selalu ingin dipuaskan. Kuasa dosa memang sudah dikalahkan Tuhan Yesus di kayu salib, tetapi menahan diri dari keinginan daging (menyalibkan daging) adalah bagian kita. Ini merupakan salah satu syarat agar kita tetap menjadi milik Kristus (Gal 5:24). Ingatlah, keinginan daging membawa kepada maut dan permusuhan dengan Allah (Roma 8:6-8). Jadi tolaklah semua itu dengan kuasa Roh Kudus. Ceritakan pengalaman Anda ketika berjuang melawan keinginan daging!

S4 – Sasaran dan Rencana

Setelah selesai diskusi, para peserta dapat saling mendoakan agar Tuhan memberi perlindungan dan kekuatan sehingga kita dapat bertahan melawan setiap godaan.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar