Kamis, 12 Maret 2009

BERDOA DAN BEKERJA


KISAH PARA RASUL 4:23-31

Ada dua ekstrim tentang doa dalam kehidupan Kristen. Ekstrim pertama, percaya bahwa yang harus kita lakukan hanyalah berdoa, biarlah Tuhan yang menjawab dan kita hanya menunggu saja. Ekstrim yang kedua berkata, yang terpenting adalah bekerja. Untuk apa berdoa, toh Tuhan sudah memberi kita pikiran dan kemampuan untuk mengatasinya. Mari kita lihat sebuah contoh di Alkitab tentang berdoa dan bekerja.

1. MENYEDIAKAN HATI DAN WAKTU

Daniel adalah seorang pejabat tinggi di Babel (kerajaan terbesar di dunia waktu itu). Tentunya ia teramat sibuk, tetapi walaupun demikian ia selalu menyediakan waktu untuk berdoa (Dan 6:10). Ia mengerti benar bahwa tanpa Tuhan ia tidak bisa berbuat apa-apa. Demikian juga dengan para rasul, dalam pergumulan yang berat mereka datang pada Tuhan. Mereka tidak berupaya untuk menyelesaikan masalah itu dengan kekuatan sendiri (Kis.4:24). Bagaimana dengan kecenderungan Anda selama ini?


2. MENEMUKAN KEYAKINAN

Allah menjawab doa kita bukan dengan mengubah keadaan terlebih dahulu. Tetapi ia memberikan keyakinan, kekuatan, keberanian dan damai sejahtera kepada kita, sekalipun masalah yang kita hadapi tetap ada. Jemaat mula-mula mendapatkan keberanian untuk bertindak setelah mereka berdoa (Kis.4:31). Pernahkah Anda mendapatkan keyakinan, kekuatan dan keberanian setelah berdoa? Ceritakan pengalaman tersebut.


3. PERCAYA DAN BERTINDAK

Setelah mereka berdoa dan mendapatkan keberanian, selanjutnya mereka bertindak untuk memberitakan Injil (Kis.4:31). Yang kita imani dalam doa harus disertai tindakkan, karena iman tanpa perbuatan adalah iman yang mati (Yak 2:17). Ketika kita berdoa dan bekerja berarti kita sedang bekerja sama dengan Allah untuk melakukan perkara besar. Itulah yang dilakukan oleh semua tokoh iman (Ibr 11). Bagaimana caranya kita bertindak sesuai dengan apa yang kita doakan? Berikan contoh-contoh doa yang disertai dengan tindakan!

S4 – Sasaran dan Rencana.

Doakan setiap pergumulan Anda dan ambilah langkah untuk bertindak. Pikirkan pula langkah apa yang akan Anda lakukan, terhadap orang-orang yang sedang Anda doakan.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar