Kamis, 12 Maret 2009

DOA YANG MENGOKOHKAN HIDUP


1 SAMUEL 30:1-10

Kondisi zaman yang semakin sukar sering kali membawa kita kepada suatu keadaan yang membuat kita menjadi lemah, putus asa dan kehilangan iman. Tuhan tidak menghendaki kita goyah dan gagal, karena itu Tuhan selalu bersedia menolong agar kita memiliki hidup yang kokoh di dalam Dia. Mari kita belajar dari Daud yang menghadapi persoalan teramat berat namun berhasil mengatasinya dengan kemenangan yang luar biasa.


1. DAUD MENGHADAPI PERSOALAN (1 Sam 30:1-5)

Daud dan rakyat yang bersama dengan dia menghadapi persoalan yang sangat berat sehingga untuk menangis pun mereka tidak kuat lagi. Mungkin banyak diantara kita yang sedang menghadapi persoalan yang sangat berat sehingga kita sudah tidak sanggup untuk menanggungnya. Coba renungkan, persoalan apa yang sedang Anda hadapi hari-hari ini yang sangat menekan hidup saudara?


2. TANGGAPAN TERHADAP PERSOALAN (1 Sam 30:6-8)

Tanggapan setiap orang berbeda dalam menanggapi persoalan yang sama:

- Tanggapan tentara Daud; mereka mempersalahkan Daud dan akan membunuhnya. Dalam menghadapi persoalan hendaknya kita jangan memilih cara-cara yang di dorong oleh emosi dan sakit hati, atau goyah dan menjadi kacau oleh situasi yang kita hadapi. Karena semua itu dapat berakibat fatal bagi kita. Berikan contoh tanggapan negatif yang berakibat fatal!

- Tanggapan Daud; Daud memilih untuk menguatkan kepercayaannya kepada TUHAN dan mencari kehendakNya. Dalam kondisi terjepit oleh persoalan hidup hendaknya kita meneguhkan kepercayaan kepada TUHAN. Berdoalah dengan segenap hati dan carilah kehendakNya (ayat 7-8), sehingga kita tidak gegabah dalam melakukan tindakan dengan cara-cara yang di luar kehendak TUHAN. Bagaimana cara Anda menanggapi persoalan?


3. PERTOLONGAN TUHAN ATAS DAUD (1 Sam 30:17-20)

Setelah Daud meneguhkan hatinya dan mencari kehendak Allah, maka kemenangan sudah menjadi miliknya. Sekalipun lelah berjalan semalam-malaman, mereka sanggup menghancurkan pasukan musuh. Akhirnya, mereka bukan cuma mendapatkan kembali milik mereka, melainkan memperoleh jarahan yang berlimpah-limpah. Sebuah masalah besar berubah menjadi berkat besar karena doa yang meneguhkan hati. Pernahkah Anda mengalami suatu masalah besar yang mendatangkan berkat yang besar pula? Ceritakanlah!


S4 – SASARAN DAN RENCANA

Teruslah percaya dalam doa-doa kita pada Tuhan sehingga hidup kita tetap kuat dan tidak goyah dalam segala keadaan.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar