Kamis, 12 Maret 2009

TEGUH KARENA FIRMAN


MATIUS 7:24-27

Hingga hari ini aliran sesat atau bidat masih terus berkembang. Setiap waktu, mereka bisa saja menyesatkan orang percaya, jika tidak benar-benar tertanam di dalam kebenaran. Alkitab merupakan standar kehidupan yang kepadanya kita harus teguh berpegang dan tidak diombang-ambingkan rupa-rupa angin pengajaran. Bagaimana agar kita bisa teguh di dalam firman?


1. BERKOMITMEN KEPADA FIRMAN

Salah satu tokoh dalam PL yang berkomitmen penuh terhadap firman Allah adalah Ezra. Ia adalah seorang ahli kitab dan mahir dalam hal Taurat (Ezra 7:6). Ia diperkenan raja dan diberkati Tuhan karena komitmennya kepada firman Tuhan. Ia memiliki keteguhan hati untuk meneliti, melakukan serta mengajarkan Taurat kepada orang Israel (Ezra 7:10). Menurut pengalaman Anda, hal apa yang paling menghalangi kita berkomitmen kepada firman Tuhan? Diskusikan!


2. MERENUNGKAN FIRMAN

Tuhan berfiman kepada Yosua, “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam!” (Yos 1:8). Firman Tuhan dalam konteks ini berkaitan dengan kekuatan, keteguhan hati, keberhasilan dan keberuntungan. Syaratnya jika firman menjadi bagian dalam keseharian kita. Firman itu harus direnungkan siang dan malam. Ceritakanlah pengalaman Anda mendapatkan keteguhan hati sesudah merenungkan firman Tuhan!


3. MENGHIDUPI DAN MEMPRAKTEKKAN FIRMAN

Setiap orang yang mendengar firman Tuhan tetapi tidak melakukannya, diibaratkan Tuhan Yesus sebagai tindakan kebodohan karena seperti mendirikan rumah di atas pasir. Jika angin dan banjir melanda, bisa dipastikan rumah itu akan roboh (Mat 7:24-27). Sebaliknya yang mendengar dan melakukan firman seperti mendirikan rumah dengan pondasi batu yang kuat. Agar kehidupan rohani teguh, dasar firmannya harus kuat, begitu juga dengan kemauan menghidupi firman. Ceritakanlah di dalam kelompok pengalaman Anda mendengar dan mempraktekkan firman!


S4 – SASARAN DAN KOMITMEN (10 menit)

Daftarkan hal-hal yang paling menghalangi Anda untuk mentaati dan melakukan firman. Satu-persatu doakanlah hal itu di dalam kelompok dan mintalah kekuatan Tuhan agar Anda memapu bertindak.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar