Kamis, 12 Maret 2009

BERTUMBUH DEWASA SECARA ROHANI


Efesus 4:11-16

Tuhan Yesus memiliki harapan dan tujuan yang luar biasa bagi umatNya. Ia ingin agar semua anak-anakNya bertumbuh mencapai kedewasaan yang penuh yaitu Kepenuhan Kristus (Ef. 4:13). Kedewasaan rohani merupakan hasil dari pembentukan karakter yang dilakukan oleh Allah seumur hidup kita.

Ciri-ciri orang yang dewasa rohani:

1.Mengenal Allah lebih mendalam (Fil. 3:10,8).

Pengenalan akan Allah adalah salah satu hal yang paling utama. Pengenalan ini bukan cuma secara pengetahuan (otak) saja. Melainkan pengenalan secara hubungan. Pengenalan ini merupakan pengenalan dari hati ke hati yang menghasilkan perubahan dan penyerahan tanpa batas. Bagaimana caranya agar Anda dapat mengenalNya secara mendalam?

2. Hidup yang menghasilkan buah (Yoh. 15:5).

Yesus adalah pokok anggur dan kita adalah ranting-rantingnya. Ia mau kita berbuah. Buah yang dimaksudkan diantaranya: Buah Roh, buah pelayanan dan buah jiwa-jiwa yang diselamatkan (lewat kesaksian/penginjilan). Hanya orang yang melekat pada Kristus dan yang mau terus dibersihkan yang dapat terus berbuah (Yoh 15:2-4). Buah apa saja yang sudah Anda hasilkan? Usaha apa yang akan Anda lakukan untuk menghasilkan buah di tahun ini?

3. Hidup untuk memberi dan melayani.

Orang Kristen dewasa meneladani Yesus yang datang ke dunia untuk melayani dan memberikan nyawaNya (Mark. 10:45). Mereka juga mempraktekkan ajaran Kristus: "Adalah terlebih berbahagia memberi daripada menerima" (Kis. 20:35). Orang Kristen dewasa selalu berprinsip: Aku diberkati untuk memberkati sesama.

4. Menjalani proses Allah (Ibrani 12:11).

Proses pembentukan Allah biasanya menyakitkan. Hal ini Tuhan ijinkan agar yang keras hati dapat berubah menjadi lembut, yang angkuh menjadi rendah hati dan yang memberontak menjadi taat (Ul 8:2-3). Semua didikan dan disiplin ini seharusnya kita terima dengan sukacita dan bersyukur, bukan dengan bersungut-sungut. Ceritakan pengalaman Anda tentang hal ini?

S4 – Sasaran dan Rencana (10 menit)

Sadarilah bahwa tujuan Tuhan bagi kita bukan sekedar agar kita diberkati, tetapi agar setiap kita mencapai kedewasaan penuh seperti Dia. Buatlah target, karakter dan sifat apa saja yang ingin Anda tinggalkan dan hal-hal apa saja yang Anda ingin tingkatkan.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar