Kamis, 12 Maret 2009

MENCINTAI FIRMAN SETIAP HARI


MAZMUR 1:1-6

Jika seseorang jatuh cinta dengan lawan jenisnya, salah satu hal yang sering dilakukan adalah saling mengirim surat cinta. Surat itu kemudian biasanya dibaca berulang-ulang setiap ada kesempatan. Demikian juga firman Tuhan adalah ‘surat cinta’ yang dikirimNya bagi umatNya. Dari nats di atas, ada beberapa pelajaran rohani yang bisa kita dapatkan:


1. ORANG YANG MENCINTAI FIRMAN SETIAP HARI AKAN BERHASIL

Orang yang mencintai firman Tuhan di dalam hidupnya, digambarkan dengan dua kata kerja dalam bagian ini:


a. “Kesukaannya ialah Taurat TUHAN” (ay 2)

Orang yang hobi otomotif misalnya, akan banyak menggelontorkan uangnya dan dibelanjakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan otomotif. Begitu juga jika kita suka atau ‘hobi’ dengan Firman Tuhan, pasti rela membayar harga untuk melakukan hal-hal apa saja yang berhubungan dengan kesukaan kita itu. Menurut Anda, tindakan-tindakan apa saja yang bisa dikategorikan sebagai bentuk menyukai firman Tuhan?


b. “Merenungkan Taurat itu siang dan malam” (ay 2)

Merenungkan firman Tuhan siang dan malam bukan berarti larangan untuk melakukan hal-hal lain. Yang ditekankan dalam hal ini adalah bagaimana firman itu menjadi bagian kita setiap hari. Menjadi landasan pengambilan keputusan, menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan sesuatu. Juga untuk menilai apakah yang kita kerjakan itu benar atau salah. Jaminan apakah yang diberikan Tuhan bagi orang-orang yang melakukan prinsip ini? Jika Anda pernah mengalami, ceritakanlah di dalam kelompok!


2. ORANG YANG MENOLAK FIRMAN AKAN GAGAL

Mengapa orang yang menolak firman, gagal dalam hidupnya? Setidaknya ada tiga alasan: [1] Ia berjalan menurut nasihat orang fasik. Berarti ia tidak memiliki pegangan yang pasti. [2] Ia berdiri di jalan orng berdosa. Artinya ia banyak bergaul dengan orang-orang yang tidak berkenan di hadapan Allah, dan [3] Ia duduk di dalam kumpulan pencemooh. Nilai-nilai yang didapatkan pun pasti nilai-nilai yang negatif.


S4 – SASARAN DAN KOMITMEN

Ambillah keputusan untuk merenungkan firman Tuhan setiap hari dengan segala cara dan bentuk agar kehidupan kita berhasil.

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar