Kamis, 12 Maret 2009

PANGGILAN DOA SYAFAAT

KEJADIAN 18:22-33

Doa syafaat adalah doa yang semata-mata hanya untuk kepentingan orang lain. Kata ‘syafaat’ (Ingg : intercession) berasal dari bahasa Latin: inter yang berarti ‘antara’ dan cedere yang berarti ‘pergi’. Jadi ‘syafaat’ adalah pergi untuk berdiri di antara Allah dan manusia. Dalam doa syafaat, kita menyampaikan permohonan khusus untuk pemeliharaan dan berkat Allah bagi orang yang kita doakan. Mengapa kita harus berdoa syafaat?


1. DOA SYAFAAT MEMBATALKAN MURKA ALLAH DAN MENGUBAHNYA MENJADI ANUGERAH

Dalam Alkitab kita melihat banyak tokoh yang berdoa syafaat (Kej 18:22-33; Kel 32:10-14, Ester 4:15-16). Mereka sangat mengerti bahwa doa mereka dapat mengubah murka Tuhan menjadi anugerah. Dengan demikian nasib dan masa depan suatu kota/bangsapun berubah. Sampai hari ini Tuhan tetap mencari orang-orang yang mau bersyafaat bagi orang lain, bagi kota dan bangsanya. Agar hukuman Tuhan tidak ditimpakan kepadanya (Yehezkiel 22:30-31). Sadarkah Anda bahwa nasib seseorang, nasib kota dan bangsa ada di tangan kita? Apa yang akan Anda lakukan setelah mengerti akan hal ini?

2. BERHENTI BERDOA SYAFAAT = DOSA

Pada suatu kali rakyat Israel berbuat dosa dengan meminta seorang raja, dan hal ini membuat Tuhan sangat murka (1 Sam 12:19). Kemudian Samuel memberi nasehat kepada mereka, dan berkata bahwa jika ia berhenti bersyafaat bagi Israel maka hal itu dianggap sebagai sebuah dosa (1 Sam 12:20-23). Yang disebut sebagai dosa bukan hanya perbuatan yang melanggar Firman, melainkan juga ketika kita tidak peduli kepada orang lain dan tidak mendoakan mereka.


3. DOA SYAFAAT MENDATANGKAN KETENANGAN, KETENTRAMAN, KESELAMATAN DAN PERKENANAN TUHAN

Paulus menasehati Timotius dan jemaat yang dipimpinnya agar terus menerus menaikkan doa syafaat. Supaya mereka dapat hidup tenang dan tentram dan juga agar semua orang diselamatkan, itulah yang berkenan di hati Tuhan (1 Tim 2:1-4). Sebagai golongan minoritas di Indonesia, kita menyadari bahwa banyak hal yang buruk yang bisa menimpa kita. Tetapi semua itu bisa kita jauhkan jika kita senantiasa berdoa syafaat. Dengan berdoa syafaat kita malah mendatangkan keselamatan dan menjadi berkat bagi negeri ini. Masihkah Anda melakukan Gerakan Doa 22? Berkat apa yang Anda dapat/rasakan selama melakukannya?


S4 – SASARAN DAN RENCANA

Jadikan doa syafaat sebagai salah satu bagian terpenting dalam komsel Saudara. Buatlah daftar untuk doa syafaat setiap kali komsel (keluarga-keluarga, kota, bangsa dll).

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar