Kamis, 12 Maret 2009

KUASA FIRMAN YANG MENGUBAHKAN


2 TIMOTIUS 3:14-17

Banyak orang menjadi frustasi karena melihat orang yang dikasihinya terjebak dalam hal-hal yang buruk, misalnya pergaulan bebas, kecanduan narkoba, dll. Mereka lantas berpikir bahwa hal itu sudah tidak bisa diperbaiki lagi. Benarkah demikian? Alkitab justru menyatakan hal yang berbeda. Berikut ini beberapa contoh orang yang berubah sesudah berjumpa Yesus, Sang Firman Kebenaran.


1. SIMON PETRUS

Diantara murid-murid Yesus yang lain, Simon Petrus dikenal ‘brangasan’ dan temperamental. Karakternya sebagai nelayan memang keras. Tetapi iapun dikenal sebagai orang yang tidak konsisten, sebentar-sebentar berubah dalam pendirian. Ia menyatakan siap membela Tuhan, tetapi justru ialah yang menyangkalNya. Tetapi hidupnya berubah sejak berjumpa kembali dengan Yesus di pantai Danau Tiberias (Yoh. 21). Lihatlah hasilnya dalam Kisah Para Rasul. Apa perubahan hidup Petrus sesudah perjumpaan itu?


2. ZAKHEUS

Tokoh yang satu ini dikenal culas dan licik. Bisa dimaklumi, karena profesinya adalah seorang kepala pemungut cukai. Ia pasti dibenci banyak orang karena pekerjaan itu. Menurut pengakuannya bahkan ia mungkin pernah memeras orang dengan posisinya itu (bdk Lukas 19:8). Tetapi sejak berjumpa Yesus, hidupnya berubah total. Apa pula perubahan Zakheus sejak bertemu dengan Yesus?


3. PAULUS

Tokoh yang ini apalagi. Ia adalah seorang penganiaya yang sering mengorganisir orang-orang untuk membinasakan kekristenan. Untuk tugasnya itu, ia bahkan mengantongi surat kuasa dari otoritas Yahudi. Tetapi di jalan menuju Damsyik, Yesus menangkapnya. Hidupnya berubah 180˚ dengan kemudian menjadi rasul yang mendirikan banyak gereja. Sesukar apakah karakter diubahkan menurut Anda? Berkaca pada kisah-kisah di atas, masihkah ada harapan? Diskusikan!


S4 – SASARAN DAN KOMITMEN (10 menit)

Ambillah waktu untuk berdoa bagi orang-orang yang selama ini sukar diubah hidupnya. Bawalah mereka kepada Tuhan agar Ia mengubah hidup mereka menjadi sesuai dengan kehendak-Nya. 

Untuk kembali ke website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net ata tekan BACk di kiri atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar