Jumat, 06 November 2009

DOA BAGI JIWA-JIWA

Efesus 3:14-21.


Jiwa-jiwa selalu memiliki ‘tempat utama’ di hati Tuhan. Untuk jiwa-jiwa Bapa mengorbankan Putra tunggalNya. Untuk jiwa-jiwa Yesus telah mati. Untuk itu dia bagi jiwa-jiwa agar diselamatkan perlu dilakukan orang percaya. Tetapi Paulus juga memberikan teladan, agar kita berdoa juga bagi jiwa-jiwa yang telah diselamatkan, agar tetap teguh di dalam Tuhan. Apa doa Paulus bagi jiwa-jiwa yang dilayaninya?


PERTAMA, AGAR JIWA-JIWA BERAKAR DI DALAM KRISTUS (16-17).

Jiwa-jiwa yang sudah bertobat dan dilahirbarukan, perlu terus ditopang oleh doa-doa kita agar mereka berakar di dalam Kristus. Ibarat pohon, kehidupan iman mereka ditopang oleh akar yang kuat, sehingga badai hidup sebesar apapun tidak pernah menggoyahkan iman percayanya. Akar yang kuat juga berpotensi besar untuk menyuplai makanan rohani ke seluruh bagian yang lain. Bagaimana dengan kehidupan rohani Anda? Apakah benar-benar telah berakar di dalam Kristus?


KEDUA, AGAR JIWA-JIWA MENGENAL DAN MENGALAMI KASIH KRISTUS (18-19a).

Banyak jiwa baru yang akhirnya mundur secara rohani, karena ketidaktahuan mereka akan panjang, lebar, tinggi dan dalamnya kasih Kristus. Kita yang menolong jiwa-jiwa baru tersebut, agar sampai pada pengenalan dan pengalaman akan kasih Kristus yang luar biasa itu melalui doa-doa kita. Biarlah hidup mereka senantiasa dijamah oleh kasih Kristus. Diskusikanlah tentang langkah apa yang bisa kita ambil agar tetap mengalami kasih Kristus ?


KETIGA, AGAR JIWA-JIWA MENGALAMI KEPENUHAN ALLAH (19b).

Tujuan akhir dari proses kehidupan rohani kita adalah kedewasaan rohani. Paulus menggambarkannya dengan istilah ‘kepenuhan Allah’ dalam nats yang kit abaca diatas. Teruslah berdoa bagi jiwa-jiwa, agar mereka tidak berhenti di tangah jalan dalam menjalani proses pertumbuhan, tetapi mereka akan sampai di garis finish yaitu kedewasaan penuh mereka. Ceritakanlah suka duka pengalaman Anda menjalani proses pertumbuhan rohani.


S4 – SASARAN DAN RENCANA.

Adakah jiwa-jiwa baru di dalam kelompok Anda? Jika ya, doakanlah mereka secara khusus setelah pertemuan kelompok berakhir. Jika mungkin adakanlah rencana bersama untuk mengunjungi mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar