Senin, 07 September 2009

PERAN GEREJA DALAM DUNIA KERJA

Matius 5:13-16


Bila berbicara tentang peranan gereja dalam dunia ini, maka gereja yang dimaksudkan bukanlah tentang peranan gedung ataupun organisasi, melainkan peranan gereja sebagai pribadi-pribadi yang percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat bagi dunia ini. Peranan yang seperti apakah yang dapat dilakukan oleh gereja dalam dunia (marketplace)?


1. Berperan sebagai garam dunia (ay.13).

Bila berbicara tentang peranan gereja sebagai garam dunia, maka perlu kita ketahui dahulu fungsi garam dalam kehidupan sehari-hari. Garam pada umumnya digunakan untuk memberikan rasa pada makanan dan mengawetkan makanan agar tahan lebih lama (misalnya: daging, ikan). Bila dihubungkan dengan peranan gereja sebagai garam dunia maka gereja harus dapat memberikan pengaruh (memberikan rasa dan mengawetkan) bagi dunia sekitar. Gereja memiliki nilai, etika, prinsip kerja yang berbeda dengan yang dunia miliki. Bila bagi dunia untuk mencapai kesuksesan menghalalkan segala cara (menyuap, KKN, pembukuan ganda, dll) maka bagi gereja tentu tidak. Siapkah gereja memberikan teladan/pengaruh dalam hal ini?


2. Berperan sebagai terang dunia (ay.14-15).

Sejak kejatuhan umat manusia dalam dosa, maka dunia ini berada dalam kekuasaan si jahat/iblis. Iblis dan kejahatan selalu diidentikan dengan kegelapan. Manusia hidup dalam kegelapan karena sudah dibutakan dan dikuasai oleh dosa, sehingga apapun yang dikerjakan selalu mendatangkan dosa. Dan yang paling mengerikan adalah mereka sudah tidak bisa melihat Allah (beroleh keselamatan). Yesus adalah terang dunia ( Yoh. 1:4-5, 8:12) dan setiap orang yang percaya kepada-Nya memiliki terang tersebut. Dalam hal ini, gereja harus dapat membagikan terang tersebut (keselamatan) bagi dunia yang masih hidup dalam kegelapan. Bagaimanakah caranya agar Anda dapat membagikan terang tersebut bagi dunia?

S4 – Sasaran dan Rencana (10 menit)

Maukah anda berperan dalam dunia (marketplace) anda masing-masing? Bila ‘ya’, diskusikanlah langkah-langkah yang akan anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar