Senin, 07 September 2009

MENEGAKKAN KERAJAAN ALLAH

Matius 13:31-33

Pada ayat-ayat yang telah dibaca, Yesus membentangkan sebuah perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi untuk menjelaskan tentang Kerajaan Sorga = Kerajaan Allah (pemilihan kata Sorga/Allah yang digunakan oleh penulis kitab Injil disesuaikan dengan siapa pembaca/penerima surat). Memang banyak buku yang telah beredar tentang hal ini, khususnya tentang bagaimana menghadirkan Kerajaan Allah di Marketplace. Namun, saat ini kita mau belajar, sesungguhnya bagaimanakah menegakkan Kerajaan Allah dalam dunia ini, menurut Yesus?


PERTAMA, Bertumbuh dan menjadi berkat (ay.31-32)

Siapa yang membawa benih Kerajaan Allah dalam dunia ini? Tentunya, Yesus sang Rajalah yang membawanya. Matius 12:28, menjelaskan bahwa “ketika Yesus mengusir setan dengan kuasa Roh Allah maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah Datang.” Berarti sejak Yesus hadir, Kerajaan Allah telah hadir pula dalam dunia ini. Kerajaan Allah bertumbuh, dan berdampak melalui gereja sebagai anggota Kerajaan Allah. Ketika gereja terus bertumbuh secara kuantitas & kualitas, yaitu menghadirkan kuasa Allah) serta berdampak melalui gaya hidup kerajaan Allah (melakukan ajaran Yesus = KASIH), maka sesungguhnya Kerajaan Allah sedang ditegakkan dalam dunia ini. Sudahkah Anda menghadirkan Kerajaan Allah melalui Kuasa Allah yang bekerja melalui hidup Anda dan gaya hidup yang sesuai dengan gaya hidup Kerajaan Allah?


2. Bersosialisasi agar dapat berdampak (ay.33)

Gereja bukanlah pribadi-pribadi yang ekslusif yang hanya bergaul dengan sesama orang percaya, melainkan gereja adalah seumpama ragi yang bergaul, bersosialisasi, berinteraksi dengan orang lain yang belum percaya agar dapat memberikan pengaruh dan menghadirkan Kerajaan Allah bagi mereka (melalui kuasa Allah yang berkerja dan gaya hidup yang memberkati). Mungkinkah kita menjadi berkat tanpa bergaul dengan orang lain? Tentunya sulit bukan? Oleh karena itu, maukah Anda membuka diri dan mulai menjalin hubungan dengan orang lain agar Kerajaan Allah ditegakkan dalam dunia ini?


S4 – Sasaran dan Rencana (10 menit)

Mulailah hidup dalam kuasa Allah dan milikilah gaya hidup Kerajaan Allah dan selanjutnya membuka diri dengan dunia untuk menegakkan Kerajaan Allah dalam dunia ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar