Senin, 07 September 2009

GEREJA YANG MEMBERKATI LINGKUNGAN

Yeremia 29:7

Pada ayat ini, Tuhan memerintahkan agar bangsa Israel yang di pembuangan yaitu di Babel tetap menjadi berkat bagi bangsa tersebut. Memang sebagai orang buangan, tentunya mereka dianggap masyarakat kelas dua, namun firman Tuhan mengingatkan bahwa kesejahteraan kota dimana mereka dibuang mempengaruhi kesejahteraan mereka juga. Artinya, kota sejahtera, maka mereka pun sejahtera. Demikian pula halnya dengan gereja, dimanapun Tuhan menempatkan (membuang), gereja-gereja harus mengusahakan dan berdoa untuk kesejahteraan kota dan bangsa. Bila bangsa kita Indonesia sejahtera, maka gereja pun di bangsa ini akan sejahtera. Bagaimanakah gereja memberkati lingkungan agar hidup dalam kesejahteraan?


1. Gereja mengusahakan kesejahteraan lingkungan.

Firman Tuhan mengingatkan, bahwa gereja tidak boleh berdiam diri, tetapi bertindak (berusaha/mengusahakan). Hal-hal apakah yang dapat dilakukan oleh gereja?

a. Menjaga lingkungan dalam keadaan bersih, misalnya: membersihkan selokan-selokan, menanam pohon, pembangunan jalan (bila ada yang rusak), dll.

b. Menolong masyarakat di sekitar lingkungan gereja melalui bakti sosial, pelayanan kesehatan, membuka lowongan pekerjaan, membuka pelayanan pendidikan gratis, dll.

c. Mendukung program lingkungan setempat seperti karang taruna, posyandu, siskamling, dll.

2. Gereja berdoa untuk kesejahteraan lingkungan.

Selain hal-hal yang praktis dalam bidang sosial dan kemasyarakatan, gereja juga harus terus memberkati lingkungan di dalam doa, memohon lawatan dan pemulihan dari Tuhan. Berdoa agar atmosfir rohani di lingkungan boleh kondusif, aman, hubungan antar masyarakat, agama boleh terjalin dengan baik. Marilah kita terus berdoa sampai sesuatu terjadi atas bangsa kita Indonesia. Masihkah Anda berdoa bagi pemulihan bangsa ini?


S4 – Sasaran dan Rencana (10 menit)

Mulailah terlibat dalam pelayanan memberkati lingkungan dengan berdoa dan terlibat dalam pelayanan bersih lingkungan, bakti sosial, ataupun pelayanan sosial lainnya agar gereja dapat menjadi terang bagi lingkungan sekitar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar