Senin, 06 Juli 2009

MENGELOLA HARTA

Cukup atau tidak sebuah penghasilan sangatlah relatif. Ada yang penghasilannya puluhan juta tetapi selalu kurang, ada yang hanya ratusan ribu tetapi cukup. Semua itu bukan bergantung besarnya penghasilan melainkan bagaimana cara kita mengelolanya.


MENGELOLA HARTA DENGAN BIJAKSANA:


PERTAMA, UTAMAKAN DAN DAHULUKAN à MULIAKANKAH TUHAN DENGAN HARTAMU (Ams 3:9-10). Sudah dibahas di materi sel minggu ke-2.


KEDUA, TENTUKAN PRIORITAS

Hal yang tersulit dalam mengelola keuangan adalah menentukan prioritas. Karena manusia memiliki begitu banyak keinginan, dan keinginan yang tak terkendali seringkali menyeret ke dalam dosa (Yak 1:14-15). Berikanlah contohnya!

Orang yang bijak adalah orang yang sanggup menahan diri untuk tidak membeli barang atau hal-hal yang sebenarnya bukan kebutuhan (Ams 25:28; 20:14).

Karena itu:

- Dahulukan kebutuhan rutin (Kebutuhan sehari-hari, tagihan2, bayaran sekolah dll)

- Belilah hanya barang yang benar-benar kita butuhan (bukan keinginan).

Carilah barang yang kegunaannya sama tapi dengan harga yang lebih murah.

Dan yang sangat penting: HINDARILAH HUTANG! (Roma 13:8)

Diskusikanlah!


KETIGA, INVESTASIKANLAH

Bila Saudara punya cukup uang yang tersisa, bisa Saudara investasikan dalam bentuk emas atau benda-benda yang nilainya dapat terus naik. Tetapi jika hanya ada sedikit uang, saudara dapat investasikan dalam bentuk-bentuk lain. Misalnya membeli buku-buku yang dapat mendukung peningkatan kerja atau usaha Saudara. Atau mengikuti les-les praktis (membuat kue, potong rambut, merangkai bunga, menjahit, tanaman hias, beternak ikan dll) yang pada akhirnya akan dapat menambah pendapatan kita. Investasi apa yang Saudara lakukan saat ini? Apakah manfaatnya?


KEEMPAT, SISIHKAN UNTUK MENABUNG

Kita tidak tahu kapan masa sulit akan datang, karena itu sebaiknya sedia payung sebelum hujan. Hikmat inilah yang dipakai Yusuf untuk mengantisipasi datangnya bencana kelaparan di Mesir (Kej 41:34-36). Jadi usahakanlah menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya, walalupun mungkin jumlahnya sedikit. Karena ini akan sangat membantu jika ada keperluan mendadak dan darurat..Ceritakan pengalaman Saudara tentang kegunaan dan keuntungan menabung.


S4 – Sasaran dan Rencana.

Bahaslah kekeliruan-kekeliruan dalam mengelola keuangan Saudara selama ini dan carilah jalan keluar sesuai materi yang sudah kita bahas ini.



Untuk kembali ke Website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :
gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACK di kiri atas
.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar