Jumat, 31 Juli 2009

MEMBINA HUBUNGAN ANTAR ANGGOTA KELUARGA

Filipi 2:1-5..


Para pakar ilmu keluarga, mendapati bahwa 90% perceraian disebabkan oleh kegagalan dalam komunikasi. Dengan demikian faktor komunikasi atau hubungan antar anggota keluarga merupakan hal yang teramat penting dalam membangun keluarga yang bahagia dan harmonis. Hal-hal yang diperlukan dalam membangun hubungan antar anggota keluarga adalah sebagai berikut :


PERTAMA, KETERBUKAAN. Ada banyak kesulitan komunikasi yang disebabkan oleh tidak adanya keterbukaan. Tanpa keterbukaan, maka komunikasi kita hanya dipermukaan saja (tidak mendalam), sehingga tidak terjadi hubungan yang intim. Keterbukaan membutuhkan rasa percaya dan kejujuran satu sama lain. Jika hal ini terjadi maka darah Yesus akan menyucikan hubungan dalam keluarga, sehingga terjadi pemulihan (I Yoh. 1:7).

Suami : Belajarlah terbuka kepada istri dalam berbagai hal. Istri : Doronglah suami untuk berbicara dan responi dengan positif. Libatkan anak-anak untuk aktif berkomunikasi, sehingga mereka terbiasa untuk menyampaikan perasaan dan keinginannya. Mengapa hampir setiap orang sulit untuk terbuka terhadap orang lain?


KEDUA, MENDENGARKAN DENGAN ANTUSIAS (YAKOBUS 1:19). Untuk mendengarkan dengan antusias dibutuhkan beberapa hal berikut :

(1) Jangan memotong pembicaraan lawan bicara (tunggu sampai selesai).

(2) Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

(3) Belajarlah menguasai emosi (tanggapi segala hal dengan sabar)..

(4) Belajarlah menyimpan rahasia.

Bagaimana situasi komunikasi dan keluarga Anda selama ini? Kendala apa yang Anda alami?


KETIGA, KENALI PERBEDAAN-PERBEDAAN YANG AKAN DITEMUI. Tuhan menciptakan banyak perbedaan antara pria dan wanita, agar mereka saling melengkapi. Seorang pria lebih mengutamakan pikiran sedangkan wanita lebih mengandalkan perasaannya. Jadi dalam menanggapi sesuatu, maka pasti akan timbul banyak perbedaan. Bila kita tidak mengerti hal ini, maka akan terjadi banyak pertengkaran. Untuk mengatasi hal ini dibutuhkan pengertian dan kedewasaan dari kedua belah pihak. Pernahkah hal ini terjadi dalam keluarga Anda? Bagaimana cara Anda mengatasinya?


Untuk kembali ke Website GBI Tasikmalaya, silahkan ketik :

gbitsmonline.cjb.net atau tekan BACK di kiri atas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar