Rabu, 21 Oktober 2009

MELAYANI MELALUI PEKERJAAN

KEJADIAN 45:4-5.


Hampir semua hamba Allah yang dipakai luar biasa dalam Alkitab, berasal dari kalangan pekerja / profesi. Contohnya : Nuh, Abraham, Ishak, Yakub, Yusuf, Daud, Daniel dll. Mereka bekerja di dunia sekuler, tetapi Tuhan pakai menjadi alatNya yang amat dahsyat dan berdampak. Pekerjaan mereka adalah pelayanan mereka, lewat pekerjaan yang mereka miliki, mereka melayani Tuhan dan sesama.


Beberapa keistimewaan dari orang yang melayani melalui pekerjaan :


PERTAMA, MEREKA MEMILIKI VISI DALAM PEKERJAAN YANG MEREKA GELUTI. Visi tersebut mereka dapatkan dari Tuhan. Hidup dan pekerjaan yang mereka lakukan merupakan sebuah misi untuk menggenapi visi tersebut. Contoh : Yusuf memiliki karier yang gemilang dalam pemerintahan di Mesir, visinya adalah untuk memelihara kehidupan umat Israel (Kej. 45:4-5). Daniel menjadi Perdana Menteri dan penasehat dari 4 raja yang paling berkuasa di dunia pada waktu itu. Visinya ialah agar semua raja tersebut mengerti kehendak Tuhan, serta melihat dan mengenal Tuhan lewat kehidupan Daniel (Dan. 2:46-47; 6:26-27). Apa visi Tuhan bagi karier dan pekerjaan Anda saat ini?


KEDUA, MEREKA BEKERJA BUKAN UNTUK UANG, MELAINKAN UNTUK KERAJAAN ALLAH. Kalau saudara cermati semua kisah tentang tokoh-tokoh Alkitab tadi, maka saudara akan dapati bahwa mereka tidak bekerja untuk mendapatkan uang / menambah kekayaan (perkara duniawi). Tetapi mereka bekerja keras untuk menggenapi kehendak dan rencana Tuhan atas hidup mereka. Mereka bekerja untuk Kerajaan Allah, bukan untuk kepentingan diri sendiri (Mat. 6:33; 7:21; Yoh. 6:27). Mari periksa hati kita dan jawab dengan jujur, apakah tujuan Anda bekerja selama ini? Diskusikanlah, betapa fananya tujuan tersebut.


KETIGA, KARENA BEKERJA UNTUK KERAJAAN SORGA, MAKA ALLAH MENDUKUNG KEHIDUPAN DAN PEKERJAAN MEREKA DENGAN SUPLAY SORGAWI. Karena mereka bekerja untuk Kerajaan Sorga, maka Tuhanlah yang menjadi majikannya. Dengan demikian kekayaan Kerajaan Sorga selalu mensuplay segala sesuatu untuk mendukung seluruh kehidupan dan misi mereka. Kerajaan Allah tidak pernah mengalami krisis atau goncangan apapun (Ibr. 12:26-28). Terbukti dari hidup mereka yang diberkati Tuhan dengan luar biasa (Kej. 13:2; 26:12-13; Dan. 2:48). Apa pandangan dan kesimpulan Anda tentang hal ini?


SASARAN DAN RENCANA. Sadari bahwa tujuan kita dalam pekerjaan selama ini sangatlah dangkal. Mintalah visi dari Tuhan. Mulai lakukan sesuatu yang berbeda dan dapati berkat Allah yang berlimpah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar